Menjadi Perusahaan Garment, yang berdaya saing & bermutu tinggi serta senantiasa memenuhi harapan konsumen
Misi :
Membuka Kantor Cabang Pemasaran di Jakarta & Singapura serta Export ke berbagai negara Asia, USA, Eropa, dll
ANALISIS STRATEGIS (SWOT) USAHA GARMENT
Analisis SWOT didasarkan pada asumsi bahwa industri garment nasional adalah sebuah organisasi dan selain dia adalah lingkungannya. Berikut adalah analisa mengenai kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan tantangan eksternal dari industri garment tersebut.
Jangka Panjang:
Kekuatan (Strength)
- Daya saing produk garment nasional di pasaran internasional tergolong tinggi.
- Dasar kekayaan budaya/etnik nasional yang beragam dan unik sehingga memiliki nilai jual tinggi.
- Sarana dan prasarana produksi telah tersedia.
- Image produk garment Indonesia di dalam dan di luar negeri telah terbentuk.
Kelemahan (Weaknesses)
- Sebagian dari kapasitas mesin jahit adalah mesin jahit tradisional dan saat ini sekitar separuh dari total populasi mesin telah berusia diatas sepuluh tahun.
- Spesialisasi di dalam industri ini masih kurang sehingga efisiensi produksi secara keseluruhan masih rendah.
- Investasi di bidang industri garment dalam lima tahun terakhir sangat rendah, yang dalam jangka panjang akan menurunkan daya saing industri nasional.
Peluang (Opportunities)
- Peluang pasar dalam negeri cukup besar.
- Potensi ekspor besar (Selama periode 1994 – 2001, volume ekspor garment Indonesia tumbuh rata-rata 11,6 persen per tahun dan dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan volume ekspor bahkan mencapai 18,0 persen per tahun. Berdasarkan nilai ekspornya terhadap dunia, Indonesia menduduki peringkat ke-7 dengan pangsa mencapai 3,9 persen).
- Terdapat goodwill dari pemerintah untuk memperhatikan industri ini (mengingat industri ini bersifat padat karya dan merupakan penyumbang ekspor yang besar)
- Indonesia cukup kuat di pakaian jadi segmen menengah.
- Dihapusnya ATC pada akhir tahun 2004 mendatang akan membuat perdagangan garment dunia lebih transparan.
Ancaman (Threats)
- Tuntutan konsumen semakin tinggi (Selera konsumen cepat berubah, tuntutan semakin tinggi, syarat lot kecil tetapi variasinya banyak dan waktu penyerahan semakin singkat).
- Ongkos modal tinggi akibat situasi ekonomi dan keamanan yang kurang menguntungkan (bunga bank tinggi, biaya produksi semakin meningkat).
- Meningkatnya daya saing dari negara-negara pesaing lapisan bawah yang memiliki bahan baku atau upah tenaga kerja rendah seperti RRC, Pakistan,Thailand, India, Bangladesh, Srilanka, Vietnam dan sebagainya.
Jangka Pendek:
Kekuatan (Strength)
1. Dasar kekayaan budaya/etnik nasional yang beragam dan unik sehingga memiliki nilai jual tinggi.
2. Sarana dan prasarana produksi telah tersedia.
3. Image produk garment Indonesia di dalam dan di luar negeri telah terbentuk.
Kelemahan (Weaknesses)
- Sebagian dari kapasitas mesin jahit adalah mesin jahit tradisional dan saat ini sekitar separuh dari total populasi mesin telah berusia diatas sepuluh tahun.
- Spesialisasi di dalam industri ini masih kurang sehingga efisiensi produksi secara keseluruhan masih rendah.
- Tingginya country risk Indonesia yang menyebabkan daya saing produk garment Indonesia melemah.
- Investasi di bidang industri garment dalam lima tahun terakhir sangat rendah, yang dalam jangka panjang akan menurunkan daya saing industri nasional.
Peluang (Opportunities)
- Peluang pasar dalam negeri cukup besar.
- Potensi ekspor besar (Selama periode 1994 – 2001, volume ekspor garment Indonesia tumbuh rata-rata 11,6 persen per tahun dan dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan volume ekspor bahkan mencapai 18,0 persen per tahun. Berdasarkan nilai ekspornya terhadap dunia, Indonesia menduduki peringkat ke-7 dengan pangsa mencapai 3,9 persen).
- Terdapat goodwill dari pemerintah untuk memperhatikan industri ini (mengingat industri ini bersifat padat karya dan merupakan penyumbang ekspor yang besar).
- Indonesia cukup kuat di pakaian jadi segmen menengah.
- Dihapusnya ATC pada akhir tahun 2004 mendatang akan membuat perdagangan garment dunia lebih transparan.
Ancaman (Threats)
- Tuntutan konsumen semakin tinggi (Selera konsumen cepat berubah, tuntutan semakin tinggi, syarat lot kecil tetapi variasinya banyak dan waktu penyerahan semakin singkat).
- Ongkos modal tinggi akibat situasi ekonomi dan keamanan yang kurang menguntungkan (bunga bank tinggi, biaya produksi semakin meningkat).
- Meningkatnya daya saing dari negara-negara pesaing lapisan bawah yang memiliki bahan baku atau upah tenaga kerja rendah seperti RRC, Pakistan,Thailand, India, Bangladesh, Srilanka, Vietnam dan sebagainya.
Merit Casino | Play Online at the best online casino in NJ
BalasHapusMerit Casino is a brand new online casino operated by The Cordish Companies and owned by 메리트 카지노 the Cordish Companies. The company 1xbet korean is licensed and regulated by 제왕카지노 the
M88 Casino, Paris - Mapyro
BalasHapusM88 Casino, Paris is a Paris casino in Paris. 서귀포 출장샵 Location: 5 삼척 출장마사지 km from the 거제 출장마사지 centre. Country: 경주 출장마사지 France. Year: 의왕 출장마사지 2006. Total number of players: 2,084.